Judul teks

".. Kita yakin bisa bukan karena kemampuan kita, tetapi kita yakin bisa karena kita sangat yakin Allah selalu bersama kita .."

Judul bergerak

Like This Blog ^^

Rabu, 23 Januari 2013

Dahsyatnya Tidur Siang !!!


Tidur siang ,bagi sebagian orang menganggap aktivitas ini adalah sepele.Tetapi ini adalah tindakan yang kurang tepat,karena tidur siang bukanlah aktivitas yang pantas untuk disepelekan.


Bagi yang mempunyai aktivitas padat,tidur siang akan menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat.Pasalnya,dengan tidur siang,maka saat bangun dari tidur,pikiran kita akan lebih tajam dan bugar.Sebagian hasil riset menjelaskan bahwa tidur siang akan lebih efektif dibandingkan minum kopi dalam hal mengganti waktu tidur malam yang kurang dan meningkatkan fokus seseorang.

Manfaat Tidur Siang

Kualitas dan manfaat tidur siang kita,tergantung pula dari waktu atau lama kita tidur siang.Setiap waktu yang kita gunakan untuk tidur siang tentu saja ada perbedaan.Berikut adalah manfaat tidur siang berdasarkan lama kita melakukan aktivitas tidur siang :

1. 10 Menit
Tidur siang selama 10 menit secara langsung menghilangkan kekakuan dan meningkatkan kerja otak setidaknya selama 2,5 jam. Sementara kalau hanya 5 menit, percuma saja.

2. 20 Menit
Keuntungannya akan menambah reaksi Anda terhadap kecepatan dalam mengerjakan pekerjaan berhitung. Namun, tentu saja efeknya tidak segera terjadi. Setidaknya butuh 35 menit untuk menetralkan kondisi otak setelah bangun dari tidur.

3. 30 Menit
Awalnya Anda akan merasa masih mengantuk, namun selama 5 menit kemudian Anda akan lebih waspada dan secara mental segar untuk waktu selama 90 menit. Tetapi, tidur selama 10 menit lebih baik, untuk menghindari efek tidak menyenangkan karena terlalu banyak tidur.

4. 45-90 Menit
Selama 45-90 menit, Anda menuju ke arah tidur nyenyak, namun tanpa menyelesaikan siklus tidur dengan lengkap. "Tubuh Anda akan terasa lebih tidak enak setelah bangun tidur, dibandingkan sebelum tidur, " ujar Dr. W. Christopher Winter.

5. 90-110 Menit
Rata-rata siklus tidur orang kurang dari 90 menit, waktu yang ideal untuk tidur siang dengan waktu cukup lama. Jika tidur siang lebih dari waktu itu, kemungkinan merupakan tanda-tanda gangguan tidur, ujar Dr. Winter.


Kapan Waktu Yang Pas Untuk Tidur Siang ?

Jika pertanyaan ini muncul di benak anda,maka inilah jawabannya.Untuk tidur siang,kita bisa menggunakan waktu istirahat yang tersisa untuk memejamkan mata. Carilah tempat yang tenang dan sedikit dari gangguan.

Menurut Sanjeev Kothare, yang merupakan spesialis dari Harvard Medical School mengatakan bahwa jika tidur siang dengan waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan pusing dan mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Terlebih lagi bila waktu tidur kita di malam hari normal, yakni 7 sampai 9 jam.

Jadi sangat disarankan Anda meluangkan sedikit waktu Anda ,sekitar 15 - 30 menit saja sudah cukup untuk merasakan dampak atau manfaat tidur siang.

Sumber : tipskesehatan123.blogspot.com