Judul teks

".. Kita yakin bisa bukan karena kemampuan kita, tetapi kita yakin bisa karena kita sangat yakin Allah selalu bersama kita .."

Judul bergerak

Like This Blog ^^

Selasa, 22 Januari 2013

Keseimbangan Hidup Dalam Kehidupan



Kita sudah mengerti bersama-sama, bahwa kita ini dikaruniai empat (4) dimensi alam dalam kehidupan oleh Allah SWT, -tubuh, otak, hati, dan jiwa. Benarkan? Nah, ke empat dimensi itu membutuhkan nutrisi yang seimbang. Dengan keseimbangan maka Kamu tidak akan pernah mengalami "stress" atau hampa. Bahkan kalau ke empat karunia Allah itu dirawat dengan baik, akan menghasilkan energy yang berlipat ganda : tiada habis-habisnya!!

Kamu harusnya heran, kenapa para sahabat jaman Rasullullah memiliki kekuatan yang hebat. Para sahabat seakan tidak pernah merasa capek dari satu perang ke perang lainnya. Dari satu tugas ke tugas berikutnya. Padahal para sahabat Nabi tidak memilki jam tidur yang panjang seperti kita. Setiap malam digunakkan untuk bertaqarrub kepada Allah swt, siangnya digunakan untuk jihad fisabilillah. Akan tetapi, justru disitulah rahasianya. Keseimbangan hidup. Para sahabat merawat dengan sangat baik empat karunia Allah itu.

So, ke empat dimensi atau karunia Allah itu adalah :

--TUBUH > dimensi fisik dipenuhi dengan cara : olahraga teratur, makan yang halal  dan toyyib alias sehat, tidur yang berkualitas (baik waktu/timming dan durasi tidurnya), serta kegiatan yang merilekskan badan

--OTAK > dimensi mental dipenuhi dengan cara : banyak membaca buku yang bermanfaat, melihat tayangan yang mendidik, membiasakan menulis, selalu belajar ketrampilan baru (baik fisik, sosial, atau skill), dan yang paling penting adalah memperbanyak ngaji alias tilawah AlQuran

--HATI > dimensi emosional dipenuhi dengan cara : membangun hubungan sosial yang baik/hangat dengan sekitar, tertawa (asal ndak berlebihan), murah senyum, bisa melayani orang lain dengan baik (perilaku prososial/menolong/empati, birulwalidain/berbakti kepada ortu, dst)

--JIWA > dimensi rohani dipenuhi dengan cara : banyak merenung, memperbanyak berdoa dan memohon kepada Allah, mengintenskan sholat sunah (qiyamulail/sholat malam, dhuha, witir, tahiyatul masjid, dll), memperbanyak puasa sunah (senin-kamis, dawud, dll), tilawah, dan dzikir

Ingatlah pepatah “jangan berlebihan”. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya keseimbangan dan menjaga hubungan dengan ke empat dimensi kehidupan itu. Ada orang yang berjam-jam menghabiskan waktu untuk membangun tubuhnya –dengan berdandan, ikut fitness, dan lainnya, tetapi menelantarkan pikirannya. Yang lain mungkin punya otak hebat alias jenius, tetapi membiarkan tubuhnya rusak, atau terkadang lupa membangun kehidupan sosial dengan sekitar. Nah, agar bisa mencapai prestasi puncak, Kamu perlu mengusahakan keseimbangan di antara ke empat dimensi ini.

Mengapa keseimbangan itu begitu penting? Karena bagaimanapun prestasimu di salah satu dimensi akan mempengaruhi ketiga dimensi lainnya. Renungkanlah!! Ibaratnya nih, kalau salah satu ban mobil yang kamu tumpangi itu tidak seimbang, keempatnya akan aus secara tidak rata, bukan satu saja. Bukankah Kamu akan merasa kesulitan untuk bersikap ramah (HATI) pada saat fisikmu kelelahan (TUBUH). Begitu juga sebaliknya, Kalau kamu merasa termotivasi den sangat bersemangat (JIWA), Kamu akan lebih mudah  konsentrasi dalam studi/belajar (OTAK) dan tentu lebih mudah untuk bersikap ramah (HATI). So, sudah siap untuk nyeimbangin hidup?? Haruslah ya!!


Artikel from : didik hermawan_”berani menunda pacaran”_2004 (dengan tambahan secukupnya)


kalau kau seimbang, kau bisa menjadi seorang "sennin", hehe.. ^^

Sumber : pemudaumat.blogspot.com